14 Maret 2013

Tujuan bimbingan dan konseling


       Tujuan bimbingan dan konseling di bagi 2 yaitu umum dan khusus. Tujuan bimbingan konseling adalah sebagai berikut:
        Tujuan bimbingan konseling secara umum adalah untuk membantu individu dalam memperkembangkan dirinya secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan dan proporsi yang dimilikinya (kemampuan dasar dan bakatnya ), berbagai latar belakang yang ada ( latar belakang keluarga, pendidikan, status sosial, dan ekonomi ), serta sesuai dengan tuntutan positif lingkungannya. Jadi bimbingan dan konseling membantu individu agar dapat mencapai perkembangan secara optimal sesuai dengan bakat, kemampuan, minat dan nilai-nilai serta pemecahan masalah-masalah yang dihadapinya.
        Bimbingan dan konseling bertujuan agar peserta didik dapat menemukan dirinya, mengenal dirinya dan mampu merencanakan masa depannya untuk menjadi insan yang berguna dalam hidupnya yang memiliki wawasan, pandangan, interpretasi, pilihan, penyesuaian dan keterampilan yang tepat berkenaan dengan diri sendiri dan juga lingkungannya.
       Tujuan khusus bimbingan dan konseling adalah membantu individu agar dapat  mandiri yang mampu memahami dan menerima dirinya sendiri sesuai dengan keadaannya serta lingkungan yang ada disekitarnya, membuat keputusan dan rencana, mengarahkan diri sendiri sesuai dengan keputusan dan rencana yang telah dibuat serta pada akhirrnya mewujudkan sendiri rencana tersebut dengan kemampuan pribadi individu. Jadi tujuan khusus bimbingan dan konseling terkait pada arah perkembangan klien dan masalah- masalah yang dihadapi dalam aspek pribadi sosial individu,akademik dan karir.
Secara khusus tujuan bimbingan dan konseling di sekolah ialah agar peserta didik, dapat: 
1)      mengembangkan seluruh potensinya seoptimal mungkin.
2)      mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri.
3)      mengatasi kesulitan dalam memahami lingkungannya, yang meliputi lingkungan sekolah, keluarga, pekerjaan, sosial-ekonomi, dan kebudayaan.
4)      mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalahnya.
5)      mengatasi kesulitan dalam menyalurkan kemampuan, minat, dan bakatnya dalam bidang pendidikan dan pekerjaan.
6)      memperoleh bantuan secara tepat dari pihak-pihak di luar sekolah untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang tidak dapat dipecahkan di sekolah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pastikan Komentarmu .......

Membantu untuk merubah dunia !?!?!?!?!?

Copyright 2011
Hayyan Ahmad

Powered by
Free Blogger Templates
SELAMAT DATANG DI HAYYAN-AHMAD.BLOGSPOT.COM | DAPATKAN UPDATE MAKALAH TERBARUKU DAN CATATAN HIDUPKU | UNTUK KENYAMANAN MEMBACA GUNAKAN SELALU INTERNET ACESS 3Mbps | APA BILA INGIN MENG-COPY INFORMASI/ARTIKEL DI BLOG INI | JANGAN LUPA TINGGALKAN JUGA COMMENT ANDA | HATUR NUWUN eh salah MATUR NUWON | ASSALAMUALAIKUM