14 Maret 2013

Lingkungan Pendidikan Masyarakat


PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
            Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia menurut ukuran normatif. Disisi lain proses perkembangan dan pendidikan manusia tidak hanya terjadi dan dipengaruhi oleh proses pendidikan yang ada dalam sistem pendidikan formal (sekolah) saja. Manusia selama hidupnya selalu akan mendapat pengaruh dari keluarga, sekolah, dan masyarakat luas. Ketiga lingkungan itu sering disebut sebagai tripusat pendidikan dan lingkungan ini pula yang akan menjadi pusat pembahasan kita dengan membahas dalil naqli yang berkaitan dengan konteks masyarakat.
Dan dengan kata lain proses perkembangan pendidikan manusia untuk mancapai hasil yang maksimal tidak hanya tergantung tentang bagaimana sistem pendidikan formal dijalankan. Namun juga tergantung pada lingkungan pendidikan yang berada di luar lingkungan formal.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud orang mukmin adalah saudara?
2.      Apa arti dari amr ma’ruf nahi ala mungkar?
3.      Bagaimana sikap adil dan amanah dalam menetapkan hukum?
4.      Bagaimana sikap memperbaiki hubungan antar sesama manusia?
5.      Untuk apa manusia diciptakan berbagai bangsa untuk saling kenal?
C.     Tujuan
1.      Mengetahui bahwa orang mukmin adalah saudara.
2.      Melakukan amr ma’ruf nahi ala mungkar.
3.      Mengetahui sikap adil dan amanah dalam menetapkan hokum.
4.      Mengetahui sikap memperbaiki hubungan antar sesama manusia.
5.      Hikmah manusia diciptakan berbagai bangsa untuk saling kenal.


PEMBAHASAN
A.    Orang mukmin adalah saudara
            Masyarakat turut serta memikul tanggung jawab pendidikan. Secara sederhana dapat diartikan sebagai kumpulan individu dan kelompok yang diikat dengan kesatuan negara, kebudayaan dan agama . Dalam hal ini islam mengambarkan bahwa setiap orang muslim adalah saudara, seperti dalam surat Ali Imron ayat 103 :
 
103. dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.
Dalam ayat ini Allah berpesan kepada orang – orang muslimin secara kolektif bersama – sama, hal ini terdapat pada lafadz $YèÏJy_ dan firman-Nya  #qè%§xÿs?Ÿwur ( janganlah bercerai-berai). Pesan yang dimaksud adalah: Berpegang teguhlah, yakni upayakan sekuat tenaga untuk mengaikat satu dengan yang lain dengan tuntutan Allah sambil menegakkan disiplin kamu semua tanpa terkecuali sehingga kalau ada yang lupa maka ingatkanlah, bergitu juga jika ada yang tergelincir maka bagkitkanlah agar semua dapat bergantung kepada tali Allah. Kata #qßJÅÁtGôã$#u yang bermakna menghalanggi. Pengalan ayat ini mengandung perintah untuk berpegang kepada tali Allah yang berfungsi menghalanggi seseorang terjatuh. Kata Chabl (È@ö7pt¿   ) yang berarti tali, adalah apa yang digunakan mengikat sesuatu guna mengangkatnya keatas atau menurunkanya kebawah agar sesuatu itu tdak terlepas atau terjatuh. Ayat ini adalah ajaran agama, atau Al –Qur’an. Rasul SAW. Melukiskan Al-Qur’an dengan sabdanya “ dia adalah tali Allah yang kukuh “
Firmanya Nä3Î/qè=è% û÷üt/  #©9r'sù yakni mengharuskan atau mempersatukan hati kamu menunjukan betapa kuat jalinan kasih saying dan persatuan mereka, kata  $ZRºu)q÷zÎ) adalah bentuk jamak dari kata akh yang biasa diartikan saudara. Makana asalnya adalah sama. Karena itu Al-Qur’an menamai orang – orang yang boros ikhwan asysyayathin. Al-quran surat Al-isra’ 17:27 dalam arti memiliki sifat yang sama dengan sifat – sifat setah. Mereka yang dipersatukan hatinya oleh Allah itu, merasa dirinya sama dengan yang lain. Yang ringan sama mereka jinjing, dan yang berat mereka pikul bersama. Kata ikhwan biasanya digukan Al-Quran untuk menunjuk saudara yang bukan sekandung, berbeda dengan ikhwat yang juga merupakan bentuk jama’ dari kata akh. Ini digunakan Al-Quran untuk makna saudara sekandung. Kendati demikian, dalam Al-Qur’an surat Al Hujarat 49: 10 :
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ                                              
Artinya : Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.
persaudara sesam mukmin, dilukiskan dalam Al-quran dengan kata ikhwat” Sesungguhnya orang – orang mu’min ikhwat “ sehinggah dengan demikian, persaudara sesama mukmin, terjalain bukan saja oleh persamaan iman , tetapi juga bagaikan atas dasar persaudaraan seketurunan.[1]
Nabi bersabda : 
حدثنا خلاد بن يحيى قال حدثنا سفيان عن أبي بردة بن عبد الله بن أبي بردة عن جده عن أبي موسى عن النبي صلى الله عليه و سلم قال
 : ( إن المؤمن للمؤمن كالبنيان يشد بعضه بعضا ) . وشبك أصابعه
(Sesenguhnya orang mu’min atas orang mui’min itu bagaikan bagunan yang saling menguatkan satu sama lainya)lalu nabi megepalkan jari- jari berilau.
Dalam kitab shohih bukhori yang dimaksud dengan al-mu’minu lil mu’mini adalah tindakan orang mu’min dalam menolong sesama orang mu’min.[2]
B.     Amr ma’ruf nahi ala mungkar
            Setelah Allah mengambarkan dalam masyarakat orang islam itu adalah sudara, lalu allah menjelaskan bahawa dalam masyarakat harus ada yang mengajak kepada kebaikan, Amr ma’ruf nahai ala mungkar, sebagai mana yang diterangkan oleh Allah dalam surat Ali Imron ayat 104 :
وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنْ الْمُنْكَرِ وَأُوْلَئِكَ هُمْ الْمُفْلِحُونَ.
Artinya: Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.
            Dalam tafisr Al-misbah, dalam ayat ini Allah memerintahkan orang beriman untuk menempuh jalan yang berbeda yaitu menempuh jalan luas dan lurus serta mengajak orang lain menempuh jalan kebajikan dan ma’ruf. Tidak dapat disangkal bahwa pengetahuan yang dimiliki seseorang, bahkan kemampunya mengamalkan sesuatu akan berkurang, bahkan terlupakan dan hilang, jika tidak ada yang menggingatkanya atau tidak dia mengulangi mengerjakanya kalau demikian itu halnya, maka manusi adan masyarakat perlu selalu diingatkan dan diberi keteladanan. Inilah inti dakwa islamiah. Dari sisni lahir tuntutan ayat ini dan dari sini pula terlihat keterkaitanya dengan tuntunan yang lalu. Kalau ditak semua anggota masyarakat dapat melaksanakan fungsi dakwa maka hendaklah ada diantara kamu hai orang – orang yang beriman segolongan umat, yakni kelompok yang pandangan mengarah kepadanya untuk diteladani dan didengar nasihatnya yang mengajak orang lain secara terus-menerus tanpa bosan dan lelah kepada kebajikan, yakni petunjuk – petunjuk ilahi, menyuruh masyarak kepada yang ma’ruf, yakni nilai – nilai luhur serta adat istiadat yang diakui baik oleh masyarakat mereka, selama hal itu tidak bertentangan dengan nilai – nilai ilahiyah dan mencegah mereka dari yang munkar; yakni yang nilai buruk lagi yang dingkari oleh aqal sehat masyarakat, menera yang mengindahkan tuntunan ini dan yang sungguh tingih lagi jauh martabat kedudukanya itulah orang – orang beruntung, mendapat apa yang mereka dambakan dalam kehidupan dunia akhirat.
             Kata   öNä3YÏiB pada ayat tersebut ada ulama’ yang memahaminya dalam arti sebagian, perintah berdakwa yang dipesankan oleh ayat ini tidak tertuju kepada setiap orang bagi yang memahaminya demikian, maka ayat ini buat mereka mengandung dua macam perintah yang pertama pada seluruh umat islam agar membentuk dan menyiapkan satu kelompok khusus yang bertugas melaksanakan dakwa, sedang perintah yang kedua adalah kepada kelompok khusus itu untuk melaksanak dakwa kepada kebajikan dan ma’fuf seta mencegah kemungkaran. Kata  öNä3YÏiB dalam arti penjelasan, sehinggah ayat ini merupakan perintah kepada setiap orang muslimuntuk melaksakan tugas dakwa, masing – masing sesuai kemampuanya. Memang jika dakwa yang dimaksud adalah dakwa yang sempurnah, maka tentu saja tidak semua orang dapat melakukanya.
            Selanjutnya ditemukan bahwa ayat ini mengunakan dua kata yang berbedah dalam rangkah perintah berdakwa. Pertama adalah kata bqããôtƒ  yakni mengajak dan yang kedua adalah brããBù'tƒ yakni memerintahkn.
            Keharusan adanya dua kelompok dalam masyarakat islam kelompok yang mengajak dan kelompok yang bertugas memerintah dan melarang kelompok kedua ini tentulah memilik kekuasaan dibumi.” Ajaran ilahi dibumi ini bukan sekedar nasihat, petunjuk dan penjelasan. Ini adalah salah satu sisi sedang sisi yang kedua adalah melaksanakan kekuasaan memerintah dan melarang, agar ma’ruf dapat wujud, dan kemungkaran dapat sirna. Demikian antara lain tutur Sayyid Quthub.
             Dalam ayat itu Al-Qur’am juga mengisyaratkan dua nilai dengan kata Žösƒø:$&u ( kebajikan ) dan kata Al – ma’ruf . Žösƒø:$& adalah nilai universal yang dianjarkan oleh Al-Qur’an dan As – sunnah . Al – khaira menurut Rasul sebagaimna dikemukankan oleh Ibn katis dalam tafsirnya yakni mengikuti Al – Qur’an dan sunnahku. Sedangkan Al – ma’ruf adalah sesuatu yang baik menurut pandangan umum satu masyarakat selama sejalan dengan Al-khaira. Adapun Al-Mungkaradalah sesuatu yang dinilai buruk oleh suatu masyarakat serta bertentangan dengan dengan nilai – nilai ilahi .karena itu ayat ini menekankan perlunya mengajak kepada al- khaira/ kebaikan, memerintakan yang ma’ruf dan mencegah mungkar, jelaslah betapa mengajak kepada kebaikan / al-khaira didahulukan, kemudian memerintakan kepada ma’ruf dan melarang pada yang mungkar.
            Paling tidak adalah ayat ini ada 2 hal yang harus digaris bawahi, yang pertama, nilai – nilai Ilahitidak boleh dipaksakan tetapi disampikan secara persuasive dalam bentuk ajaran yang baik. Sekedar mengajak yang dicerminkan oleh Allah dalam surat An – nahl ayat 125 : serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[845] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik .Pada ayat tersbut ada lafazd ß `|¡ômr&ÏdÓÉL©9$$Î/ ( dengan cara yang lebih baik ) bukan hanya sekedar baik tapi dngan cara yang lebih baik. Setelah itu siapa yang ingin beriman silahkan beriman, dan barang siapa yang kufur silakan pula.
            Hal yang kedua yang perlun digaris bawahi adalah Al-Ma’ruf. Al-Ma’ruf merupakan kesepakatan umum masyarakat. Ini juga sewajarnya diperintakan, demikianpula Al-mungkar seharusnya dicegah. Baik yang memerintakan maupun yang mencegah pemilik kekuasan atau bukan.[3]
Nabi bersabda :
حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة حدثنا وكيع بن سفيان ح وحدثنا محمد بن المثنى حدثنا محمد بن جعفر حدثنا شعبة كلاهما عن لقيس بن مسلم عن طارق بن شهاب وهذا حديث أبي بكر قال
 : أول من بدأ بالخطبة يوم العيد قبل الصلاة مروان فقام إليه رجل فقال الصلاة قبل الخطبة فقال قد ترك ما هنالك فقال أبو سعيد أما هذا فقد قضى ما عليه سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول من رأى منكم منكرا فليغيره بيده فإن لم يستطع فبلسانه ومن لم يستطع فبقلبه وذلك أضعف الإيمان
(barang siapa yang melihat kemungkaran maka hendaklah dia merubahnya – menjadikanya ma’ruf – dengan tangan / kekuasanya, kalau dia tidak mampu maka dengan lidahnya atau / ucapanya, kalau dengan ini ia tidak mampu, maka dengan hatinya, dan itulah selemah-lemahnya iman )
            Akan tetapi sebelum orang berdakwa, seseorang melakukan amar ma’ruf dulu, seperti yang telah diriwayatkan oleh Aisyah :
حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة . حدثنا معاوية بن هشام عن هشام بن سعد عن عمر بن عثمان عن عاصم بن عمر بن عثمان عن عروة عم عائشة قالت سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول
 : ( مروا بالمعروف وانهوا عن المككر . قبل أن تدعوا فلا يستجاب لكم )
 [ ش - ( قبل أن تدعوا ) أي قبل أن تدعوا الناس إلى الهدى بالأمر بمعروف والنهي عن منكر فلا يقبل أحد منهم ذلك . ]
قال الشيخ الألباني : حسن
Dari hadist tersebut, dapat dipahami bahwa seseorang sebelum dakwa kepada manusia untuk menyampikan hidayah , sesorang terlebih dahulu amar ma’ruf nahi ala mungkar terlebih dahulu, karena kalau tidak didahului dengan amar ma’ruf nahi ala mungkar tidak ada satupun orang yang mau mengikutinya.[4]
Sekalipun Islam menekankan tanggung jawab perseorangan dan pribadi bagi manusia dan menganggapnya sebagai asas, ia tidaklah mengabaikan tanggung jawab sosial yang menjadikan masyarakat sebagai masyarakat solidaritas, berpadu dan bekerjasamamembina dan mempertahankan kebaikan. Semua anggota masyarakat memikul tanggung jawab membina, memakmurkan, memperbaiki, mengajak kepada kebaikan, memerintahkan yang makruf, melarang yang mungkar diamana tanggung jawab manusia melebihi perbuatan-perbuatannya yang khas, perasaannya, pikiran-pikirannya, keputusn-keputusannya dan maksud-maksudnya, sehungga mencakup masyarakat tempat ia hidup, dan alam sekitar yang mengelilinginya. Islam tidak membebaskan manusia dari tanggung jawab tentang apa yang berlaku pada masyarakatnya dan apa yang terjadi disekelilingnya atau terjadi dari orang lain. Terutama jika orang lain termasuk orang yang berada dibawah perintah da pengawasannya seperti istri, anak, dan lain-lain.
Firman Allah:
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنْ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْراً لَهُمْ مِنْهُمْ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمْ الْفَاسِقُونَ
Artinya: Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.
وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنْ الْمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَيُطِيعُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ أُوْلَئِكَ سَيَرْحَمُهُمْ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ
Artinya: Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang makruf, mencegah dari yang mungkar, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
            Dengan demikian jelaskan bahwa tanggung jawab dalam Islam bersifat perseorangan dan sosial sekaligus, selanjutnya siapa yang memiliki syarat-syarat tanggung jawab ini tidak hanya bertanggung jawab terhadap perbuatannya dan perbaikan dirinya, tetapi juga bertanggung jawab terhadap perbuatan orang-orang yang berada di baawah perintah, pengawasan, tanggungannya dan perbaikan masyarakat . ini berlaku atas diri pribadi, istri, bapak, guru, golongan, lembaga-lembaga pendidikan dan pemerintah. [5]
C.    Adil dan Amanah dalam menetapkan hukum
            Setelah ayat – ayat yang lalu berakhir dengan menjelaskan tentang kesudahan masing – masing kelompok mukmin dan akfir, kini Al-Qur’an menjelaskan suatu ketetapan hukum, Allah berfirman dalam surat An-nisa’ ayat  58:

58. Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat.
Menyangkut ayat ini, setelah menjelaskan keburukan orang – orang yahudi, seperti tidak menyampaikan amanah yang Allah percayakan kepada mereka, yakni mengamalkan kitab suci dan tidak menyembunyikan isinya , kini Allah menuntun supaya tidak mengikuti mereka.
Amanah adalah sesuatu yang diserahkan kepada pihak lain untuk diperihara dan dikembalikan bila saatnya atau bila diminta oleh pemiliknya. Amanah adalah lawan dari khiyanat, amanah tidak diberikan kecuali kepada orang yang dinilai oleh pemberinya dapat memelihara dengan baik apa yang diberikanya.[6]
Agama mengajarkan bahwa amanah/ kepercayaan adalah asas keimanan berdasarkan pada sabda nabi : “tidak ada iman bagi yang tidak memiliki amanah”
Di ayat tadi amanah mengunakan bentuk jama’, hal ini kerena amanah bukan sesuatu yang bersifat  material, tetapi juga non material dan bermacam-macam semuanya diperintakan oleh Allah agar ditunaikan. Ada amanah antara manusia dengan Allah, ada manusia dengan manusai, manusia dengan lingkungany, dan manusia dengan dirinya sendiri, mamsing masing memiliki rincian dan setiap harus dipenuhi, walaupun amanah yang banyak itu hanya milik seseorang.
Ketika memerintahkan untuk menetapkan hukum yang adil ayat ini memulainya dengan, apabila kamu menetapkan hukum diantara manusia.tetapi sebelumnya, ketika memerintakan menunaikan amanah, redaksi semacam ini tidak ditemukan, hal ini menerangkan bahawa setiap manusia telah menerima amanah secara potensial sebelem kelahiranya dan secara ktual sejak akli baligh.
            Ayat ini memerintakan untuk menenuaikan amanah kepada ahlinya, ditakankan bahwa amanah tersebut harus ditunaikan kepad $ygÎ=÷dr& yakni pemiliknya, dan ketika memerintakan menetapkan hukum dengan adil, dinyatakan apabila kamu menetapkan hukum diantara manusia ini berarti berarti bahwa berperilaku adil itu ditujukan kepada terhadap manusia secara keseluruhan. Dengan demikian baik amanah maupun keadilan harus ditegakan tanpa membedakan agama, keturunan atau ras. Ayat – ayat yangmenejkankan hal ini sungguh banyak , salah satunya adalah teguran kepada nabi Saw yang hamper tertipu daya oleh seorang muslim yang musyrik, yang bermaksud mempersalahkan orang yahudi dalam surat An – Nisa’ ayat 105[7] :
  
105. Sesungguhnya Kami telah menurunkan kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang telah Allah wahyukan kepadamu, dan janganlah kamu menjadi penantang (orang yang tidak bersalah), karena (membela) orang-orang yang khianat[347],
D.    Memperbaiki hubungan antar sesama manusia
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ                                                      
Artinya : Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.( Q.S al-Hujuraat: 10)
Dalam Tafsir Fi Dzilalil Quran menyebutkan Itulah dunia yang memiliki etika psikologis menyangkut perasaan sebagian orang terhadap yang lain. Itulah dunia yang memiliki etika berperilaku tatkala berinteraksi diantara hamba.
Kandungan ayat dalam tafsir fidzilalil Quran diatas menunjukan interaksi antar sesama manusia yang memiliki etika psikologis menyangkut perasaan sebagian orang terhadap yang lain yang bertujuan untuk memperbaiki hubungan antar sesama, yang di sebutkan pasda kata   إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ

E.     Manusia diciptakan berbagai bangsa untuk saling kenal
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوباً وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ (13)
Artinya : Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
Surah ini menyajikan suatu sikap yang sangat berguna bagi kita seua yaitu sikap saling mengenal antara suku bangsa yang lain supaya kita bisa saling mengenal satu sama lain dan bisa saling menambah pengetahuan kita.

PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Dari banyaknya penjelasan di atas kami dapat menyimpulkan bahwa mengenai orang mukmin itu adalah bersaudara yang mana ia saling Berpegang teguh, yakni upayakan sekuat tenaga untuk mengaikat satu dengan yang lain dengan tuntutan Allah sambil menegakkan disiplin kamu semua tanpa terkecuali sehingga kalau ada yang lupa maka ingatkanlah, bergitu juga jika ada yang tergelincir maka bagkitkanlah agar semua dapat bergantung kepada tali Allah.
Setelah berpegang teguh maka kuatkanlah dengan memerintahkan orang beriman untuk menempuh jalan yang luas dan lurus serta mengajak orang lain menempuh jalan kebajikan dan ma’ruf serta memerintahkannya untuk meninggalkan yang mungkar atau keji.
Untuk menumbuhkan sifat adil dalam menegakkan hukum dan amanah dalam menjalankan sesuatu dan jika amanah itu diminta oleh orang lain maka kita bisa memenuhinya.
Menumbuhkan rasa damai dalam lingkup masyarakat dengan cara memperbaki hubungan kita dengan sesama manusia dan menunjukkan sikap menghormati dan sopan santun antar sesama Muslim.
Dari banyak kriteria di atas  maka kita sebagai umat manusia telah diciptakan oleh Allah dari berbagai suku, bangsa, ras dan agama maka dengan itu kita diwajibkan untuk salaing kenal dan memperbanyak ilmu penegetahuan kita.
B.     Saran
Saya menyadari akan kekurangan yang kami miliki dan dengan itulah kami akan menerima semua masukan dari para pembaca yang budiman guna untuk menyempurnakan isi dari maklah ini.


DAFAR PUSTAKA
Dr. Zakiah Darajat, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta, Bumi Aksara: 1992).
Maktabah syamilah, shOhih bukhori juz 1 bab tusbiikul ashobiul fil masjid wa ghoirihi.
Maktabah syamilah, sunan ibnu majah bab amar ma’ruf wa nahi ala mungkar juz 2.
Quray shihab, tafsir almisbah ( surat  ali imron).
Quray shihab, tafsir almisbah ( surat an-nisa’).
Quray Shihab, tafsir Al-Misbah (surat Ali Imron ).
Quray syihab, tafsir Al-misbah ( surat ali imran ).


[1] Quray syihab, tafsir Al-misbah ( surat ali imran )hal 169-172
[2] Maktabah syamilah, shOhih bukhori juz 1 bab tusbiikul ashobiul fil masjid wa ghoirihi, hal 182

[3] Quray Shihab, tafsir Al-Misbah (surat Ali Imron ) hl 172-176
[4] Maktabah syamilah, sunan ibnu majah bab amar ma’ruf wa nahi ala mungkar juz 2 hal. 1327
[5]Dr. Zakiah Darajat, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta, Bumi Aksara: 1992), 44-45
[6] Quray shihab, tafsir almisbah ( surat  ali imron) , hal 177
[7] Quray shihab, tafsir almisbah ( surat an-nisa’) hal 479-482

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pastikan Komentarmu .......

Membantu untuk merubah dunia !?!?!?!?!?

Copyright 2011
Hayyan Ahmad

Powered by
Free Blogger Templates
SELAMAT DATANG DI HAYYAN-AHMAD.BLOGSPOT.COM | DAPATKAN UPDATE MAKALAH TERBARUKU DAN CATATAN HIDUPKU | UNTUK KENYAMANAN MEMBACA GUNAKAN SELALU INTERNET ACESS 3Mbps | APA BILA INGIN MENG-COPY INFORMASI/ARTIKEL DI BLOG INI | JANGAN LUPA TINGGALKAN JUGA COMMENT ANDA | HATUR NUWUN eh salah MATUR NUWON | ASSALAMUALAIKUM