17 November 2010

PROKLAMASI DAN PEMBUKAAN UUD 1945

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Kalau kita bicara mengenai proklamasi pastinya kita akan memulai pada akhir tahun 1994. Dimana tentara Jepang menderita kekalahan yang amat sangat dari tentara sekutu dengan dihancurkannya kota Hiroshima dan Nagasaki.
Pada saat itulah Dekoritsu Jumbi Cosakai dibubarkan diganti dengan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).
Dan setelah bung Karno didesak oleh perwira PETA Panca Singgih dan Beliau berjanji siap memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan setelah proses pembentukan yan amat lama terbentuklah teks proklamasi dan dibacakan ole Ir. Soekarno di gedung Proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur 56.
Oleh karena proklamasi kemerdekaan Indonesia itu adalah sumber kemerdekaan RI maka pembukaan UUD 1945 sebagai anak kandung yang melekat di dalamnya cita-cita luhur, pencetus dari jiwa atau semangat pancasila sebagai titik dari tekad bangsa untuk merdeka.
B.Rumusan Masalah
1.Apa arti proklamasi bagi bangsa Indonesia ?
2.Bagaimana makna yang terkandung dari pembukaan UUD 1945 ?
C. Tujuan
1.Mengetahui arti proklamasi bagi bangsa Indonesia.
2.Mengetahui makna yang terkandung dari pembukaan UUD 1945.

BAB II
PEMBAHASAN
A.Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia
Pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 jam 10 pagi (WIB), di bagian rumah jalan Pegangsaan Timur nomor 56, di Jakarta dibacakan sebuah “Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia” oleh Bung Karno yang ditandatangani oleh Bung Karno dan Bung Hatta atas nama Bangsa Indonesia.
Naskah selengkapnya dari pada Proklamasi tersebut berbunyi sebagai berikut :
PROKLAMASI
Kami bangsa Indonesia dengan in menyatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselengarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkati-singkatnya.
Jakarta, 17 Agustus 1945
atas nama Bangsa Indonesia
soekarno - Hatta
Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 pada hakikatnya adalah pencetusan daripada segala perasaan-perasaan yang sedalam-dalamnya yang terpendam dalam sanubari rakyat Indonesia sejak berabad-abad lamanya.
Proklamasi kemerdekaan itu adalah pernyataan kemerdekaan dan sebagai pemberitahuan kepada kita dan dunia, bahwa status atau ekstensi telah berubah dari ekstensi dijajah menjadi suatu bangsa yang merdeka.
Dengan demikian Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan titik puncak daripada perjuangan bangsa Indonesia yang didorong oleh amanat penderitaan rakyat dan dijiwai Pancasila pada taraf tertinggi, yang selama berabad-abad dijajah, telah berhasil melepaskan dirinya dari ikatan belenggu penjajah, sekaligus membangun sesuatu perubahan yaitu perubahan negara Republik Indonesia yang bebas merdeka, untuk mewujudkan suatu masyarakat indonesia yang adi dan makmur berdasarkan Pancasila.
B.Penjelasan Isi Pembukaan UUD 45
Pembukaan UUD 1945 yang telah dirumuskan secara padat dan khidmat, terdiri atas empat alenia atau empat bagian, yang setiap alenianya itu mengandung arti dan makna yang sangat dalam, mempunyai nilai-nilai yang universal dan lestari. Universal karena mengandung nilai-nilai yan dijunjung tinggi oleh bangsa-bangsa beradab di seluruh dunia; lestari karena ia mampu menampung dinamika masyarakat, dan akan tetap menjadi landasan perjuangan bangsa dan negara selama bangsa Indonesia tetap setia kepada Negara Proklamasi 17 Agustus 1945 dan menghargai hasil nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia.
1.Penjelasan Alenia Pertama
Rumusan :
“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.
Hak kemerdekaan kemerdekaan yang dimaksudkan dalam alenia ini ialah hak segala bangsa untuk memperoleh kemerdekaan, di mana hak itu adalah sejalan atau sejiwa dengan tuntutan mutlak hati nurani yang dirumuskan dengan sesuai tuntutan perikemanusiaan dan perikeadilan.
2.Penjelasan Alenia Kedua
Rumusan :
“Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.
Dengan bekal keyakinan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa merupakan hak kodrat, maka hal itu menjadi dorongan kuat akan adanya perjuangan pergerakan kemerdekaan.
Dan dinyatakan pula kemerdekaan itu bukanny tujuan akhir perjuangan gerakan kemerdekaan nasional kita. Kemerdekaan merupakan pintu gerbang yang membuka jalan menuju negara Indonesia, yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
3.Penjelasan Alenia Ketiga
Rumusan :
“Atas berkat rahmatAllah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekannya”.
Jika kita cermati lagi antara alenia ketiga ini dengan Proklamasi Kemerdekaan, keduanya mengandung isi yang sama yaitu Pernyataan Indonesia Merdeka meskipun dalam kalimat yang berbeda. Oleh karena itu dapat dikatakan antara Pembukaan dan Proklamasi Kemerdekaan mempunyai hubungan yang sangat erat, yaitu : Pembukaan pada hakikatnya merupakan pernyataan kemerekaan yang terperinci, dengan diawali terlebih dahulu adanya alasan-alasan yang mencakup untuk memperkuat timbulnya pernyataan itu, dengan mermuat pokok pikiran tentang adanya cita-cita luhur dan motivasi spiritual serta suatu penyuluhan yang sebagai jiwa dari Prokasi Kemerdekaan untuk menegakkan Negara yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
4.Penjelasan Alenia Keempat
Rumusan :
“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemeritahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpa darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa¬¬¬a1 dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosiala2, maka disusunlak Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesiab, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyatc dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatian Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesiad”.
Dalam alenia keempat ini inti pokok tertuju pada Pembentukan Pemerintahan Negara. Adapun isi inti pokok itu mengenai empat hal, guna melaksanakan tujuan dan dasar terbentuknya Negara , yaitu :
a)Tentang tujuan Negara yang berhubungan kesatuan bangsa Indonesia.a1 Tentang tujuan Negara yang berhubungan kehidupan sesama bangsa. a2
b)Tentang ketentuan diadaknnya Undang-Undang Dasar.b
c)Tentang bentuk Negara.c
d)Tentang dasar filsafat Negara

BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Setelah penjelasan yang panjang lebar dan banyak referensi yang kami ambil kami menyimpulkan bahwa Proklamasi kemerdekaan itu adalah sebagai pemberitahuan kepada kita dan dunia, bahwa status atau ekstensi telah berubah dari ekstensi dijajah menjadi suatu bangsa yang merdeka dan menjadikan Republik Indonesia yang bebas merdeka ini, menjadi suatu masyarakat indonesia yang adi dan makmur berdasarkan Pancasila. Begitu juga dengan pembukaan UUD 45 yang memuat asas atau dasar proklamasi Kemerdekaan yang di daamnya memuat penjelasan yang terperinci tentang cita-cita luhur Proklamasi.
B.Saran
Kami menyadari akan kekurangan yang kami miliki dan dengan itulah kami akan menerima semua masukan dari para pembaca yang budiman guna untuk menyempurnakan isi dari maklah ini.

DAFTAR PUSTAKA
Joeniarto S.H., Sejarah Ketatanegaraan Republik Indonesia, (Jakarta: Bumi Aksara, 1990)
Salam Burhanuddin Drs, FilsafatPancasilaisme, (Jakarta: PT Bina Aksara, 1988)
Ms Bakry Noor, Pancasila Yurdis Kenegaraan, (Yogyakarta: Liberty, 1991)
Setiardja A. Gunawan Prof. Dr., Hak-Hak Asasi Manusia Berdasarkan Ideologi Pancasila, (Yogyakarta: Kanisius, 1993)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pastikan Komentarmu .......

Membantu untuk merubah dunia !?!?!?!?!?

Copyright 2011
Hayyan Ahmad

Powered by
Free Blogger Templates
SELAMAT DATANG DI HAYYAN-AHMAD.BLOGSPOT.COM | DAPATKAN UPDATE MAKALAH TERBARUKU DAN CATATAN HIDUPKU | UNTUK KENYAMANAN MEMBACA GUNAKAN SELALU INTERNET ACESS 3Mbps | APA BILA INGIN MENG-COPY INFORMASI/ARTIKEL DI BLOG INI | JANGAN LUPA TINGGALKAN JUGA COMMENT ANDA | HATUR NUWUN eh salah MATUR NUWON | ASSALAMUALAIKUM