17 November 2010

MASA REMAJA

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Dalam perkembangan kepribadian seseorang maka remaja mempunyai arti yang khusus.seseorang anak masih belum selesai perkembangannya, orang dewasa dianggap sudah berkembang penuh ia sudah menguasai sepenuhnya fungsi-fungsi fisik dan psikisnya, pada masa tua pada umumnya terjadi kemunduran terutama dalam fungsi-fungsi fisiknya.
Sedangkan anak remaja sebetulnya tidak mempunyai tempat yang jelas. Remaja ada diantara anak dan orang dewasa, remaja masih belum mampu untuk menguasai fungsi-fungsi fisik maupun psikisnya. Ditinjau dari segi tersebut mereka masih disebut golongsn kanak-kanak., mereka masih harus menemukan tempat dalam masyarakat.
Berhubungan dari perkembangan di atas yang tidak hanya berisi pemasakan dan reaksi lingkungan terhadap pemasakan tadi. Disamping itu juga dapat suatu analisis mengenai aspek perkembangan dalam masa remaja yang secara global berlangsung antara 12-21 tahun dengan pembagian 12-15 tahun masa remaja awal, 15-18 tahun masa remaja pertengahan, 18-20 tahun masa remaja akhir.
B.Rumusan Masalah
1.Apa yang dimaksud dengan masa Pra Pubertas (Pueral) ?
2.Apa yang dimaksud dengan masa Pubertas ?
3.Apa yang dimaksud dengan masa Adoleson ?
C.Tujuan
1.Dapat mengetahui apa yang disebut dengan masa Pra Pubertas (Pueral).
2.Dapat mengetahui apa yang disebut dengan masa Pubertas.
3.Dapat mengetahui apa yang disebut dengan masa Adoleson.

BAB II
PEMBAHASAN
A.Masa Pra Pubertas / Pueral (Usia 12-14 Tahun)
Masa ini adalah masa peralihan dari masa sekolah menuju masa pubertas, dimana seorang anak yang telah besar telah ingin berlaku seperti orang dewasa.
Pra Pubertas adalah saat-saat terjadinya kematangan seksual yang sesungguhnya, peristawa kematangan tersebut pada wanita terjadi 1.5 sampai 2 tahun lebih awal dari pada pria. Terjadinya kematangan jasmani bagi wanita biasa ditandai dengan adanya menstruasi pertama. Sedangkan pada pria ditandai dengan keluarnya seperma yang pertama, biasanya lewat bermimpi merasakan kepuasan seksual.
Adapun tanda-tanda yang ditimbulkan dari kematangan jasmani di bagi menjadi dua yaitu tanda skunder dan tanda tertier.
Tanda-tanda sekunder dapat disebutkan antara lain :
1.Pria
a)Tumbuh suburnya, rambut, jangut, kumis dan lain-lain.
b)selaput suara semakin besar dan berat.
c)badan mulai membentuk.
2.Wanita
a)Pinggul semakin besar dan melebar.
b)Kelenjar-kelenjar pada dada menjadi berisi (lemak).
c)Suara menjadi bulat, merdu, dan tinggi.
d)Muka menjadi bulat dan berisi.
Adapun tanda-tanda tertier antara lain : biasa diwujudkan dengan perubahan sikap dan prilaku. Contoh yang terdapat pada pria terdapatnya perubahan mimik jika bicara, cara berpakaian, cara mengatur rambut, bahasa yang diucapkan, tingkah lakunya dan lain-lain. Sama halnya dengan pria, tanda-tanda tertier yang dialami oleh perempuan juga hampir sama dengan pria.
Disamping ciri-ciri di atas terdapat juga ciri-ciri lain, cirri-ciri itu antara lain :
1.Mereka tidak mau disebut anak-anak.
2.Mereka mulai memisahkan diri dari orang tua.
3.Mereka memiliki sifat mendewakan tokoh-tokoh yang dianggap memiliki kelebihan.
4.mereka itu pemberani, yang kadang-kandang kurang perhitungan dan agak melupakan tata susila.
Pada masa Peural atau Pra Pubertas itu juga terdapat suatu perkembangan lain yang muncul yaitu munculnya perasaan-perasaan negatif dari anak itu, sehingga masa ini bias disebut dengan masa negatif. Yang mana biasanya seorang anak itu berkeinginan untuk melepaskan diri dari kekuasaan orang tua, ia tidak mau tunduk lagi pada segala perintah, kebijaksanaan dari orang tua. Yang biasa dialami dari perasaan negative tersebut, antara lain :
1.Ingin selalu menentang lingkungan.
2.Tidak senang dan gelisah.
3.Kebutuhan untuk tidur semakin besar.
4.Pesimistis.
5.Sering melamun tak menentu dan kadang berputus asa.
B.Masa Pubertas (Usia 14-18 Tahun)
Istila Pubertas datang dari kata Puber (yaitu pubescent). Kata lain dari pubescare berarti mendapatkan pubes atau rambut kemaluan yaitu suatu tanda kelamin sekunder yang menunjukkan perkembangan seksual. Pada masa ini seseorang anak tidak lagi hanya bersifat reaktif, tetapi juga anak mulai aktif mencapai kegiatan dalam rangka menemukan dirinya, serta mencari pedoman hidup, untuk bekal kehidupannya mendatang.
Pada masa ini terdapat tiga aktifitas yang mana kami mengutip dari buku karya Abu Ahmadi dan Munawar Sholeh, yakni :
1.Penemuan aku
2.Pertumbuhan pedoman kehidupan
3.Memasukkan diri pada kergiatan masyarakat
Dari ketiga di atas terdapat suatu arti, yang pertama dalam rangka penemuan akunya itu anak mulai menyadari akan keberadaan dirinya daripada sebelumnya. Tetapi ia juga mulai mengetahui betapa pentingnya ikut serta dalam kegiatan masyarakat.
Yang kedua pada kegiatan mencari pedoman hidup, anak puber sudah mulai aktif dan menerima akan norma-norma susila, juga norma agama, estetika.
Dan yang ketiga pada kegiatan memasukkan diri ke dalam masyarakat ini anak puber mulai mengenal segala macam corak kehidupan masyarakat. Semua dianggapnya sebagai sesuatu yang menyatu dalam suatu sistem kemasyarakatan dimana belum sempurnanya pengetahuannya untuk membedakan ataupun menyeleksi maka tidaklah heran jika anak puber menampakkan sikap-sikap yang kontriversial. Kegiatan-kegiatan tersebut bagii anak perempuan dan laki-laki sudah barang tentu tidak sama, adapun sikap hidup tersebut dapat digambarkan :
Pria
1.Aktif memberi
2.Cenderung untuk memberi perlindungan
3.Minatnya tertuju pada hal-hal yang bersifat intelektual.
4.Berusaha memutuskan sendiri dan ikut berbicara.
Wanita
1.Pasif dan menerima
2.Cenderung untuk menerima perlindungan
3.Minat tertuju kepada yang bersifat emosional dan konkret
4.Berusaha mengikut dan menyenagkan orang tua
Jadi kebanyakan dari argument di atas kami bisa menarik suatu argument bahwa pada anak laki-laki sering aktif meniru, sedangkan pada anak perempuan kebanyakan pasif, mengagumi dan memujanya dalam khayalan.
C.Masa Adoleson (Usia 18-21 Tahun)
Masa remaja sering disebut Adolesensi (Lat. Adolescere = adultus = menjadi dewasa atau dalam perkembanganmenjadi dewasa). Pada masa ini seseorang sudah dapat mengetahui kondisi dirinya ia sudah mulai membuat rencana kehidupan serta sudah mulai memilih dan menentukan jalan hidupnya.
Mengenai sifat-sifat Adoleson ini dapat diungkapkan antara lain :
1.Timbulnya sikap positif dalam menenntukan system tata nilai yang ada.
2.Adanya keseimbangan dan ketenangan di dalam kehidupannya.
3.Mulai menyadari bahwa sikap aktif, mengkritik waktu ia puber it mudah tetapi sulit melaksanakannyam
4.Mulai mengambil atau menentukan sikap hidup berdasarkannilai yang diyakininya.
5.Mulai memiliki rencana hidup yang jelas dan mapan.
Setelah remaja dapat menentukan pendirian hidupnya dan telah terpenuhi tugas-tugas perkembangannya, seseorang telah memiliki corak dan bentuk kepribadian tersendiri maka masuklah individu itu kedalam masa dewasa.

BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Suatu analisis dari kesemuanya di atas bahwa semua aspek perkembangan dalam remaja, yang secara global berlangsung antara umur 12-21 Tahun, dengan pembagian 12-14 tahun : masa Pra Pubertas, 14-18 tahun : masa Pubertas, 18-21 tahun : masa Adoleson, dimana pembahasan-pembahasan di atas banyak mengemukakan factor-faktor yang timbul pada masa perkembangan diri seorang remaja.
B.Saran
Kami menyadari akan kekurangan yang kami miliki dan dengan itulah kami akan menerima semua masukan dari para pembaca yang budiman guna untuk menyempurnakan isi dari maklah ini.

DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi Drs. H. Abu, Sholeh Drs. Munawar, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005)
Sujanto Drs. Agus, Psikologi Perkembangan, (Surabaya: Aksara Baru,1984)
Dahlan Prof. Dr. M. Djawad, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: Rosda)
Monks F.J. Prof. Dr, knoers A. M. P. Prof. Dr. diterjemahkan oleh Rahayu Haditono Siti Prof. Dr., Psikologo Perkembangan. (Yogyakarta: Gadjah Mada university Press, 2006)

1 komentar:

Pastikan Komentarmu .......

Membantu untuk merubah dunia !?!?!?!?!?

Copyright 2011
Hayyan Ahmad

Powered by
Free Blogger Templates
SELAMAT DATANG DI HAYYAN-AHMAD.BLOGSPOT.COM | DAPATKAN UPDATE MAKALAH TERBARUKU DAN CATATAN HIDUPKU | UNTUK KENYAMANAN MEMBACA GUNAKAN SELALU INTERNET ACESS 3Mbps | APA BILA INGIN MENG-COPY INFORMASI/ARTIKEL DI BLOG INI | JANGAN LUPA TINGGALKAN JUGA COMMENT ANDA | HATUR NUWUN eh salah MATUR NUWON | ASSALAMUALAIKUM